Pages

February 20, 2010

my first 3 day at Banda Aceh

[simpang mesra Banda Aceh]


dari pojok sini terlihat matahari yang terbenam..
aq menyebut pojok ini pusat perputaran kota..
karena semua kendaraan dengan berbagai tujuan berputar disini..

sudah hampir 2 minggu aq berada di banda aceh..
iya aq sudah memutuskan untuk pindah kesini..
bukan hanya untuk melupakan beberapa hal..
tapi juga mengejar banyak hal..

sulit memang..
asing rasax..
ditambah banda aceh tidak seperti kota2 lainx..
aturan berbusana disini bisa buat aq gila karena aq sepertix harus membeli beberapa baju lainnya,
dan baju2 cantikku tidak bisa dipakai disini.. huhu..

tapi aq harus bisa survive..
hal-hal kecil itu gak aka buat aq mundur..
haiaaaaaaath..!!!! ^^

oke..

first day aq disini cuma dihabiskan untuk berkunjung kesana dan kesini..
menemui yang sudah lama tidak ditemui..
sodara sodara yang kusayang..
hohohoho..

hari kedua, melala ke pasar Atjech (baca; aceh)..
ini adalah molx banda aceh *aq rasa*
karena dari dulu kalo mo blanja blanja pasti ditawarinx ke asar atceh ini.. ^^
kalo perbandingan pasar atjeh ini seperti pasar bawah di pekanbaru la..
cuma pasar atjeh ini udah rada adem.. soalx pake ac..
dan jga ga terlalu rame..
tau knp?
menurut sumber yang aq tanya, masyarakat sini masih bnyak yang takut naek escalator..
that's way disini blom ada mol.. *aq rasa.. ^^*

[pedagang sirih kunyah di sepanjang jalan asar Atjeh - Banda Aceh]

nah, setelah putar2 pasar atjeh, aq sama mama mampir ke mesjid raya tuk salat ashar..
nah, mesjid raya ini sebelahan bgt sama pasar atjeh..
yang datang juga rame banget.
cuma di depan gerbang ada tulisan peringatan gitu "kawasan berbusana muslim"
agak keder juga.. soalnya aku cuma pake jeans, kaos dan cardigan..
kalo dilihat si sopan..
gak ketat dan kaosx juga panjang..
jilbab panjang..
tapi ini bukan busana muslim..
mama bilang, "udah gpp"
liat ke kiri kanan.. banyak cewek cewek yang pake rok..
bajunya panjang panjang..
jarang bgt di pku ngliat yang kek gini..
palingan kalo pergi ke acara Rohis baru ada..
liat liat lagi, ada juga yang ngejeans dengan kemeja pendek nan ketat..
haa.. yasud akhirx akupun nekat aja..
dan salat ashar pun tertuntaskan di masjid yang menjadi pelindung saat musibah tsunami beberapa tahun silam ini..

[papan peringatan di gerbang Masjid Raya - Banda Aceh]

selesai salat, aku duduk menunggu mama merapikan jilbab..
para petugas mesjid pun sibuk merapikan peraatan salat,
dan juga mengumpulkan kotak infak..
salah satu petugas berjalan ke arahku, melewatiku dan mundur lalu menyapaku..
"oo maaaaak!!!.. mana boleh pake leging kek gini masuk mesjid!! ini bukan pakaian untuk ke mesjid!!!" samil menunjuk nunjuk celana aku..
aku kaget dan terbengong sambil mengangguk angguk dan bilang "iya pak.. iya.. iya.."
wuih.. aku kira aku sudah selamat ternyata..... T____T
baidewei.. ini bukan leging pak.. ini skinny jeans..
sangat berbeda dengan leging..
kao leging, dibayar juga aku mels makenya kali paaaak..
bapak gak gaul ah..
males lah..
gak mo maen sama bapak lagi..
huh!!


[duduk - duduk di teras Masjid Raya Banda Aceh]


[Masjid Raya at night]


hari ketiga, aku sedikit ber-darmawisata disini..
tapi bukan ke pantaix..
as you know disini banyak pantai..
tapi aku gak kesana..
aku ber darmawisata ke TPA..
tau TPA apa?
ya iyaaa.. TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR..
kenapa aku bisa nyasar kesini?
semua karena oom aku bekerja disini..
dan dia adalah orang yang sangat berperan penting terhadap kebersihan kota Banda Aceh..
dan tidak bisa disangkal kalo atas andilx lah Banda Aceh sampai bisa memperoleh Adipura..
TPA disini lumayan rapi..
bersih malah..
konsep TPA ini dirancang dengan sistem TPA yang ada di London..
kok bisa??!!
ya karena oom aku itu kemaren dikirim kesana untuk meneliti sistem kebersihan disana dan menerapkannya di kota Banda Aceh ini..
tau sendiri kan Londo gimana?
wuiiih.. bersih dan indah banget..
hhmm.. mudah2an Banda Aceh bisa seindah itu nantix..


orait.. enough for jalan2..
hari keempat sudah mulai bekerja..
dan hari pun berlalu..


[nigth at Banda Aceh]



No comments: