Pages

September 14, 2007

mari sambut ramadhan..

banyak cara yang dilakukan umat islam tuk menyambut bulan ramadhan..

misalnya di kota kelahiranku, nangroe aceh darussalam, menyambut puasa di adakan dengan pesta "megang".. yaitu tradisi memotong sapi.. biasanya sudah dimulai beberapa hari menjelang puasa.. penjual daging sapi pun datang dari berbagai penjuru.. biasax semakin dekat hari puasa semakin mahal harganya.. entah di mana hubungannya, tapi masyrakat aceh merasa wajib membeli daging di hari megang ini.. dan memasak segala jenis masakan dgn bhn uama daging.. seperti sup, dendeng, dan rendang.. kata mama
"minimal 2 kilo lo yu"..
waktu kak ayu, k3 iparku yang blm setahun tinggal bersama abgku [yg cinta bgt ma kota kelahirannya] di sana, menelpon mama tuk nanya resep rendang..

disini dikotaku.. kota bertuah pekanbaru.. lain lagi cara menyambut puasa.. dan berbeda pula disetiap kabupaten rupanya.. ada balimau di kampar dan juga petang megang di pekanbaru [mungkin ada yang lain tp aq blm tau ;p].. istilah balimau lebih populer dikalangan masyarakat riau..

balimau itu seperti memberihkan diri.. mensucikan diri [seperti mandi wajib la].. dari ujung kepala sampai ujung kaki.. masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran sungai biasa beramai-ramai turun ke sungai.. mandi bersama.. untuk yang tinggalnya jauh dari sungai biasanya dilakukan di rumah saja.. ada yang memakai kembang tujuh rupa, tujuh warna, dari tujuh negara [haha yg trakhir ngarang doang.. ;p].. ada juga yang memakai sarinya saja.. dan rasanya aku pernah dengarr ada yang pake jeruk.. apa karena namanya balimau=berlimau.. limau=jeruk.. jadi mandi pake jeruk gt..?? hmm..

untuk anak muda.. kawula muda.. [halah] balimau biasanya dijadikan ajang tuk jalan2.. refresing.. kumpul2 dgn teman seperjuangan.. bahkan tuk te-pe te-pe [tebar pesona].. gak jarang mereka sampai pergi ke luar kota seperti padang.. [klo balimaunya gak jauh gak keren]..

baru2 ini.. ramadhan ini, di kampar, balimau dikemas menjadi sebuah pesta rakyat yang dinamakan "balimau kasai".. acarax gak jauh2 dari air.. karena dilaksanakan di pinggir sungai kampar.. tetap ada acara basah2an.. bahkan dengan cara ekstrim.. anak2 mudanya melompat ke sungai dari atas jembatan.. tanpa sling.. langsung nyemplung ke sungai.. [ini diluar susunan acara sie..]



































ada acara pacu sampannya juga..


ada arak2an juga.. ada tarian melayu juga.. sampe dangdutan..

beda lagi cara menyambut ramadhan yang diadakan di bawah jembatan leighton di tepi sungai siak, pekanbaru.. namanya "petang megang".. acaranya ya tetap basah2an.. lomba perahu sambil menangkap itik yang dilepas ke sungai..


ceritanya gini.. saat peserta lomba pacu sampan hampir mendekati garis finish, panitia melepaskan itik2 ke sungai.. dan peserta harus menangkap itik tersebut dengan cara berenang kemudian dimasukkan ke sampan masing2.. sampai itik habis.. tapi aku bingung kategori pemenangx apa ya?? yang paling banyak dapat itik atau yang duluan sampe ke finish?? mungkin yang paling banyak dapat itik dan sampai ke garis finish dengan waktu tercepat kali ya...

yup.. begitulah cara menyambut bulan puasa di kotaku.. melayu nan bertuah.. bulan ramadhan disambut dengan basah2an.. hehe ;)



selamat menjalani puasa ramadhan ya.. ^-^
[tinggal 28 hari lg kok.. ;p]


No comments: